Kucing Anggora


Kucing anggora merupakan jenis kucing dengan ras tertua yang berasal dari saah satu kota di Turki yaitu Anggora (sejak tahun 1930 disebut sebagai Ankara) yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan yang lucu. Kucing anggora adalah kucing yang sangat anggun dengan penampilannya yang elegan. Sekilas penampilan kucing anggora hampir mirip dengan kucing persia. Tetapi setelah pengamatan bentuk hidung kedua kucing itu dilakukan maka anda akan menyadari bahwa ternyata kucing anggora dan persia memiliki perbedaan. Kucing Persia mempunyai hidung yang kurang mancung, tetapi kucing anggora memiliki hidung yang lebih mancung dan terlihat elegan dengan hal tersebut. Ciri khas fisik kucing anggora yang paling mencolok adalah adalah kucing anggora memiliki wajah berbentuk segitiga dengan tubuh agak berotot dengan tatapan dua matanya yang tajam disertai dengan ekor, bulu yang panjang dan halus pada permukaan kulitnya. Karena bulu kucing anggora yang panjang dengan tekstur halus maka diperlukan perawatan rutin yang relatif lebih mudah untuk kucing ini.

hewan peliharaan,jenis hewan peliharaan
Kucing Anggora

Adapun hal yang perlu dilakukan dalam kegiatan perawatn kucing anggora adalah:
1. Berikanlah ruang yang cukup untuk pergerakan kucing anggora karena kucing jenis ini membutuhkan banyak ruang untuk berlari-lari dan mengejar makhluk lainnya. Jangan terkejut jika kucing anggora melompat tiba-tiba ke pangkuan anda. Untuk membuatnya agar tetap aktif berikanlah mainan seperti bola dan mainan kucing lainnya.
2.   Jangan pernah mengurung kucing anggora di tempat yang tertutup karena kucing anggora lebih menyukai suasana luar ruangan. Jika kucing anggora dikurung pada tempat yang tertutup maka kucing ini akan stress. Stressnya kucing anggora dapat dilihat dari sifatnya yang takut terhadap manusia serta bulu-bulu yang dimilikinya lebih mudah rontok dibanding biasanya. Hal yang paling parah jika kucing anggora stres adalah kucing tersebut akan kabur dan tidak akan pernah kembali lagi.
3.   Sisir secara rutin rambut ataupun bulu kucing anggora yang cukup panjang di sektar tubuhnya. Biasanya kucing anggora disisir dua samapai tiga kali dalam satu minggu. Penyisiran bulu kucing anggora secara rutin ini akan membuat kucing anggora merasa nyaman dan akan meminimalisir rambut longgar yang mukin akan menggumpal pada kucing anggora. Disamping itu penyisiran bulu ini juga bisa berfungsi untuk membersihkan bulu kucing anggora dari kotoran.
4.   Hal yang perlu diingat adalah kucing sangat senang menjilati tubuhnya sendiri. Oleh karena itu jika perawatan kucing anggora tidak dilakukan dengan baik maka akan berpotensi merontokan bulu-bulu yang dimilikinya. Jika bulu-bulu ini masuk ke saluran pencernaan pada saat kucing anggora mejilati tubuhnya maka bulu-bulu tersebut akan berubah menjadi hairballs dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi kucing anggora.
5.  Berikanlah makanan khusus untuk kucing yang tersedia di supermarket secara teratur dengan frekuensi pemberian makan 3 kali dalam 1 hari, jika terkendala dengan masalah biaya maka pemberian makanan 2 kali dalam 1 hari juga bisa dilakukan. Jangan sampai kucing anggora merasa terlalu lapar karena hal tersebut bisa membuat kucing anggora untuk kabur mencari makanan.

 
Design by Wordpress Theme Template Blog Free | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes